Jumat, 18 Februari 2011

Tugas 1K ( Soal Kamis Pertama )


1.    Apa yang saudara ketahui tentang Manajemen?
a. pengertian Manajemen Menurut James A.F. Stoner
Manajemen adalah suatu proses perencanaan, pengorganisasia, kepemimpinan, dan pengendalian upaya dari anggota organisasi serta penggunaan semua sumber daya yang ada pada organisasi untuk mecapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan sebelumnya.
b. Pengertian Manajemen Menurut Mary Parker Follet
Manajemen adalah suatu seni, karena untuk melakukan suatu pekerjaan melalui orang lain dibutuhkan keterampilan khusus.

2.    Sebutkan dan Jelaskan Fungsi-fungsi Manajemen?
- Perencanaan ( Planning )
Kegiatan seseoarang manajer adalah menyusun rencana. Menyusun rencana berarti memikirkan apapun yang akan dikerjakan dengan sumber yang dimiliki. Agar dapt membuat rencana teratur dan logis, sebelumnya harus ada keputusan terlebih dahulu sebagai petunjuk langkah-langkah selanjutnya.
-Pengorganisasian ( Organizing )
Pengorganisasian berarti menciptakan suatu struktur dengan bagian-bagian yang terintegrasi sedemikian rupa sehingga hubungan antara bagian-bagian satu sama lain dipengaruhi oleh hubungan mereka dengan keseluruhan struktur tersebut.
Pengorganisasian bertujuanb membagi suatu kegiatan besar menjadi kegiatan-kegiatan yang lebih kecil. selain itu, mempermudah manajer dalam melakukan pengawasan dan menentukan orang yang dibtuhkan untuk melaksanakan tugas-tugas yang telah dibagi-bagi tersebut.
-Menggerakkan ( Actuating )
Menggerakan adalah suatu tindakan untuk mengusahakan agar semua anggota kelompok berusaha untuk mencapai sasaran sesuai dengan perencanaan manajerial dan usaha-usaha organisasi. jadi Actuating artinya adalah menggerakkan orang-orang agar mau bekerja dengan sendirinya atau penuh kesadaran secara bersama-sama untuk mencapai tujuan yang di khendaki secara efektif. Dalam hal ini yang dibutuhkan adalah kepemimpinan ( Leadership )

3.    Sebutkan Faktor-faktor produksi ( sumber-sumber ) Organisasi & Metode :

-Manusia atau Tenaga Kerja
-Uang atau Biaya
Bahan-bahan atau Material
Mesin dan peralatan ( Mechines & Equipment )
sumber-sumber diatas menurut George R Terry disebut 6M ( the six M's in manageent ) dengan menambah 2 sumber lagi, diantaranya adalah :
-Tata kerja ( Methods )
-Pasar ( Market )
Dalam kegiatan manajemen ke-6 sumber diatas mutlak diperlukan teteapi dalam sudut pandang O & M, Methods & Market tidak disebut sebagai sumber. methhods hanyalah cara yang dipergunakan sedangkan marker adalah wadahn untuk memperluas sasaran kegiatan.

4. Apakah Manajemen, Organisasi serta Metode mempunyai kaitan dan hubungan, jelaskan menurut pendapat saudara !

menurut pendapat saya dalam suatu manajemen, organisasi dan metode mempunya hubungan karna mempunyai timbal balik antara manajemen, organisasi dan metode.
hubungan timbal balik antara manajemen, organisasi dan tata kerja ( Metode )
kuatnya hubungan timbal balik antara manajemen, organisasi dan metode dapat dilihat dari gambar di bawah ini untuk mencapai tujuan kegiatanya tidak dapat dipisahkan:

Sumber : Google

Tidak ada komentar:

Posting Komentar