Sabtu, 02 April 2011

Lambang negara kita


110px-Coat_of_IndonesiaAPA lambing Negara Republik Indonesia? Ya betul, BURUNG GARUDA. Mengapa Negara kita menggunakan lambing Negara seperti itu? Sejak kapan kita menggunakan lambing Negara tersebut? Apa saja arti dari Lambang Negara RI itu?
Burung garuda berdekatan dengan burung elang Rajawali. Burung ini terdapat dalam lukisan di candi-candi Dieng yang dilukiskan sebagai manusia berparuh dan bersayap, lalu di candi Prambanan, dan Panataran berbentuk menyerupai raksasa, berparuh, bercakar dan berrambut panjang.
Beberapa kerajaan di pulau jawa menggunakan Garuda sebagai materai/stempel kerajaan, seperti yang disimpan di Musium Nasional, adalah stempel milik kerajaan Erlangga.
sultan_abdul_hamid2-01Burung Garuda ditetapkan sebagai lambing Negara RI sejak diresmikan penggunaannya pada 11 Februari 1950, dan dituangkan dalam Perautan Pemerintah no 66 tahun 1951. Penggagasnya adalah Sultan Abdurrahman Hamid Alkadrie II atau dikenal dengan Sultan Hamid II, yang saat itu sebagai Mentri Negara Republik Indonesia Serikat (RIS).
Arti Lambang Negara Garuda Pancasila yaitu :
  1. Perisai berupa jantung yang digantungkan dengan rantai berisi lima lambing dari PANCASILA, melambangkan pertahanan Negara
  2. Jumlah helai bulu sayap : 17 helai melambangkan tanggal kemerdekaan RI
  3. Jumlah helai bulu ekor :8 helai melambangkan bulan kemerdekaan RI
  4. Jumlah helai bulu di bawah perisai : 19 melambangkan angka tahun kemerdekaan 1945
  5. Jumlah helai bulu leher : 45 melambangkan angka tahun kemerdekaan 1945
  6. Semboyan “Bhinneka Tunggal Ika” yang berarti : berbeda-beda tetepi tetap satu jua.
  7. Secara umum burung garuda melambangkan KEKUATAN dan warna kuning emas melambangkan kejayaan.
Bagaimana? Sudah mengenal lambing Negara kita? Sekarang mari kita sama-sama menyanyikan lagu GARUDA PANCASILA….”Garuda Pancasila.. akulah pendukung mu….”***
(dari berbagai sumber)
(foto : istimewa)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar